Sabtu, 02 April 2016

Posted by Gandis Suwantoro | File under : , , , ,
Di dalam penggunaan komputer ada 3 sistem yang paling sering dipakai oleh user/brainware yaitu Windows, Linux, Mac OS. Seiring berkembangnya zaman, kini telah hadir satu lagi yaitu Android. Di setiap operating system pastilah mempunyai perbedaan. Perbedaan apa sajakah itu ? mari simak tulisan berikut ini.

Windows-Linux-Mac OS

Sebelum mengetahui perbedaan antara Windows, Linux, dan Mac OS ada kalanya untuk mengetahui dahulu tentang sistem operasi sistem tersebut satu persatu.

Didalam bahasa inggris Windows bila diartikan kedalam bahasa Indonesia maka akan berarti jendela. Akan tetapi, Windows yang saya bahas ini adalah Windows yang digunakan untuk dijadikan sebagai sistem operasi komputer. Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang ada di Amerika. Sedangkan sistem operasi adalah sistem dasar untuk mengoperasikan sebuah alat elektronik. Jadi, sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang digunakan di dalam sebuah alat elektronik yang bisa ditambahkan sebuah program baru sesuai dengan keinginan pengguna, contohnya didalam sistem operasi Windows itu dikasih program Microsoft Office, untuk membantu pengetikan di dalam komputer.

Windows

Sama halnya dengan Windows, Linux adalah sistem operasi open source yang bisa digunakan secara cuma-cuma (gratis) untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Awal pertama Linux dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linux Torvald. Linux adalah turunan dari Unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.

Linux


Macintosh Operating System pertama kali dibuat oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan dan mudah dipahami oleh para user/brainware. Macintosh Operating System adalah sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface, sebuah sistem operasi yang menggunakan gambar (tidak hanya teks).

Mac OS

Itulah sedikit pengertian dari Windows, Linux, dan Mac OS yang bila diartikan semuanya adalah sama-sama sistem operasi yang digunakan didalam alat elektronik. Sekarang berbicara tentang perbedaan antara Windows, Linux, Dan MacOS.

Dilihat dari kepopuleran.
  • Windows memiliki tingkat populer pertama.
  • Mac OS adalah yang kedua.
  • Linux adalah yang ketiga.


Dilihat dari harga.

Windows adalah salah satu sistem operasi yang berbayar. Sedangkan Linux dan Mac OS adalah sistem operasi bisa didapat dengan gratis.

Dilihat dari User Interface.
  • Windows tidak memiliki banyak user interface.
  • Linux memiliki banyak user interface.
  • Mac OS tidak memiliki banyak user interface. Akan tetapi, meskipun Mac OS tidak mempunyai banyak user interface tapi Mac OS sudah enak untuk dipakai dan dipandang.


Dilihat dari kualitas gambar.

Kualitas gambar Mac OS adalah kualitas gambar yang paling bagus diantara Windows dan Linux.

Kelengkapan Program.
  • Pertama kali memakai Windows, maka harus mengisi program aplikasi yang lain.
  • Didalam Linux sudah terdapat banyak program yang siap untuk dipakai.
  • Didalam Mac OS sudah terdapat program yang siap dipakai, tapi tidak terlalu banyak.


Dilihat dari keamanan virus.

Linux memiliki tingkat keamanan dari virus yang paling kuat. Bahkan banyak orang yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi pembuat virus. Dan Mac OS pun susah untuk terkena virus. Sedangkan Windows rentan sekali terkena virus.

Dilihat dari kenyamanan pemakai.

Windows adalah sistem operasi yang sangat disukai oleh para user/brainware karena lebih mudah untuk dipakai dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya.
PERBEDAAN:

 1.  Windows  Kelebihan Windows :
 - Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan
- Bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan
- Bisa sharing data aplikasi yang lain dengan mudah
- Terdapat Banyak aplikasi yang kompetibel dengan windows
- Enduser / orang yang awam tentang komputer mudah untuk menjalankannya
- Banyak didukung oleh vendor hardware dan software
- Digunakan oleh mayoritas pengguna komputer di dunia

 Kekurangan Windows :
 - Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk microsoft
- Space hardisk yang dibutuhkan besar
- Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hacker
- Membutuhkan memori fisik besar
- Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi
- Harga lisensi yang mahal

2.  Linux 
 Kelebihan Linux :
 - Licensi yang gratis (Terbuka dan Bebas) bahkan banyak yang bisa didapat dengan    cara download
- Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara kompabilitas file system,   kompabilitas network, dan emulasi operating system
- Virtual memori membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program-program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori
- Stabilitas linux sangat luar biasa stabil, jika dikonfigurasi dengan benar, sysitem linux akan hidup terus menerus hingga hardwarenya tidak memadai (rusak), lain dengan windows yang memerlukan reboot berkala untuk menjaga stabilitas
- Linux mewarisi tradisi Unix dengan mendukung adanya file permission, yang dapat mencegah pengubahan atau penghapusan file tanpa izin dari pemiliknya, karena itu virus pada dasarnya tidak dikenali didunia linux
- Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia

Kekurangan Linux :
 - Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows
- Operating system yang tidak sepenuhnya GUI (Graphical User Interface)
- Meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME dan KDE
- Dan yang tidak lupa menurut pengalaman saya operating system yang lumayan sulit untuk dipelajari. (huft,,kecuali mau belajar, hehe Tongue Out)


3.  Mac OS

Kelebihan Mac OS :
 - Mac OS Tidak mudah terkena virus. Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga memperlambatanda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.
- High Performance. Khusus pada Mac Os X- dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac OS dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac dengan kecepatan yang menakjubkan
- User-Friendly. Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic desainer

Kekurangan Mac OS :
 - Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena apple sudah tidak memberi lisensi untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
- Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Pengaruh dominasi Microsoft windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru.
- Biayanya mahal
- Hanya berguna untuk graphic desaigner
- Tidak dapat digunakan dalam waktu bersamaan
- Softwarenya tidak lengkap dan tidak cocok bermain game karena tampilannya kurang bagus.

0 komentar:

Posting Komentar