Kamis, 03 April 2014

Posted by Gandis Suwantoro | File under : , , , ,

1. Sejarah Internet

    Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebutARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

    Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

    Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

   Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.

    Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.

    Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

    Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.

    Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

   Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada ta hun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.

2. Fasilitas Internet

    Internet mempunyai berbagai fasilitas untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah. agar dapat menggunakan fasilitas di internet dengan baik, anda harus mampu membedakan fungsi pelayanan yang ada di internet dan memahami istilah-istilah yang digunakan dalam internet. Beberapa fasilitas yang terdapat di internet antara lain sebagai berikut:

1. World wide web (WWW) 
   WWW atau yang lebih dikenal dengan web merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi, anda dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web baik berupa teks, gambar, suara, film maupun multimedia.

2. Email (Electronic Mail)
   Email digunakan untuk komunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain sebagai surat elektronik. dengan menggunakan email, anda dapat mengirim atau menerima pesan dari seluruh penjuru dunia.

3. HTTP (Hyper text transfer protokol)
   HTTP merupakan fasilitas basis dari WWW. dengan fasilitas ini, anda dapat mengakses informasi dari suatu situs web yang ditulis dengan bahasa HTML. informasi yang dapat anda peroleh melalui fasilitas tersebut antara lain : teks, gambar, animasi, suara, film, dll.

4. Kelompok diskusi (Mailing List)
   Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas email.

5. Telnet
   Telnet merupakan fasilitas untuk mengakses remote komputer yang terletak di tempat lain. Dengan menggunakan fasilitas ini, pemakai jarak jauh dapat mengendalikan, menukar file antar pengguna komputer dan menjalankan program yang ada di komputer tersebut. agar dapat mengakses telnet, pengguna komputer harus registrasi terlebih dahulu.

6. FTP (File transfer protokol)
   FTP (file transfer protokol) digunakan untuk mengambil data file secara elektronik. internet telah menyediakan fasilitas file (data) atau dokumen yang siap untuk diakses secara gratis.

7. Ghoper
   Merupakan fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protokol ghoper. hal tersebut disebabkan karena ghoper menyediakan menu direktori dari subdirektori sehingga mirip dengan client server.

8. Chatting
   Merupakan salah satu fasilitas untuk berkomunikasi antarsesama pemakai internet dengan menggunakan media tulis secara online dan realtime

9. Newsgroup
   Newsgroup merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara jarak jauh, di mana anda dapat memberikan pendapat dan tanggapan melalui internet.


3. Komponen Pendukung Internet

   Sejalan dengan berjalannya waktu, komputer menjadi berkembang dari yang hanya berfungsi sebagai alat perhitungan, kini telah menjadi piranti pengolahan data, image atau suara, serta mulai menjadi komputer jaringan network.

  
   A. Jaringan Komputer
   Merupakan sekelompok komputer/device yang saling dihubungkan dengan menggunakan aturan komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputer lain dapat saling berbagi data/sumber daya peralatan komputer, misal scanner, printer dan hard disk.
Topologi jaringan (hubungan antar entiny-entiny) :

1. Star (Bintang) : Satu komputer sebagai pusat dan komputer      lainnya tersambung padanya.
2. Bus : Semua komputer dihubungkan pada sebuah jalur transmisi (bus).
3. Ring : Tiap komputer dihubungkan secara seri satu dengan yang lain dan hubungan tersebut akan membentuk suatu kalang tertutup.

B. Piranti Pendukung Internet

  1. Hardware
a. Komputer Server : merupakan inti sebuah LAN, Hard disk server diusahakan berkapasitas besar .
b. Workstation : adalah jaringan PC biasa yang menjalankan sistem operasi masing-masing.
c. Modem (Modulator Demodulator) : alat komunikasi dua arah , menyampaikan data melalui sinyal, lalu diubah menjadi sinyal analog.
d. Kartu Jaringan : sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan ari komputer ke sebuah jaringan komputer.
e. Wifi : sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel.
f. Hub : alat penghubung antar komputer & digunakan untuk sebuah jaringan sederhana.
g. Router : alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan yang berbeda.
h. Switch : alat penyaring dan melewatkan paket data yang ada di sebuah LAN.
i. Bridge : media expander untuk menambahkan jangkauan dari sebuah jaringan LAN dan menghubungkan dengan jaringan yang lain pada lokasi yang berbeda.
j. Gateway : peralatan yang menyediakan jalur (path) ke jaringan tetangga/internet.
k. Konektor : menghubungkan antar kabel dan menghubungkan kabel dengan perangkat jaringan yang lain.
l. Kabel :
m. Access Point : bertindak untuk menghubungkan sebagai Hub/Switch di jaringan lokal, yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan karingan wireless.


  2. Software
a. Sistem Operasi : dipakai sebagai basis jaringan juga menentukan dalam tahap proses instalasi.
b. Driver : suatu perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menginstal komponen hardware sehingga komponen tersebut dikenali oleh sistem operasi yang terpasang di sebuah hardware.
c. Browser : suatu perangkat lunak untuk mengakses intenet
d. Soft Skill Administrator : Keterampilan orang yang mengendalikan/mengatur perangkat keras dan lunak komputer yang saling terhubung tersebut.Perangkat Keras Utama


4. Web dan Internet (Hubungan dan Peran)

   Peranan internet dalam kehidupan sehari-hari sangat dirasakan oleh manusia yang hidup di zaman yang teknologinya sudah maju seperti ini. Internet sendiri pun kini sudah bisa diakses tanpa perlu membuka komputer atau notebook karena berkembangnya berbagai jenis smartphone yang sudah menjamur di seluruh negara. Berikut adalah beberapa peranan internet dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita rasakan :


1. Peranan Internet Dalam Aspek Informasi

   Peranan internet dalam kehidupan sehari-hari yang paling bisa dirasakan adalah bila dilihat dari apek informasi. Karena dengan internet kita bisa mencari segala informasi tentang suatu hal yang belum kita ketahui. Contohnya, guru memberikan kita tugas untuk membuat suatu prakarya seperti membuat kincir angin yang mana tidak ada di buku mata pelajaran, tentu kita tetap bisa membuat kincir angin tersebut dengan cara mencarinya di internet. Banyak sekali informasi yang bisa kita dapat dari internet baik itu sifatnya edukasi seperti mempelajari metode penelitian, kesehatan yang membuat kita tahu makanan berbahaya bagi kesehatan tubuh apa saja untuk menghindarinya, otomotif, hiburan, dll.


2. Peranan Internet Dalam Aspek Bisnis dan Periklanan

   Peranan internet dalam aspek bisnis dan periklanan sangat dirasakan oleh para pelaku bisnis saat ini. Karena kini orang mencari segala suatu informasi lewat dengan internet, oleh karena itu setiap perusahaan atau brand dirasa wajib untuk memiliki situs web di internet sebagai bagian dari promosi dan cara mengkomunikasikan produk yang dijual terhadap masyarakat luas. Beberapa bisnis pun sangat tergantung dengan internet seperti saham dan investasi reksadana contohnya.


3. Peranan Internet Dalam Aspek Pelajar

   Peranan internet dalam kehidupan sehari-hari selain bermanfaat untuk aspek informasi dan bisnis, tentu juga dapat menguntungkan pelajar dalam proses menimba ilmu di sekolah dalam mencari berbagai informasi tentang materi pelajarang yang sedang dipelajari. Selain itu kini hampir di semua sekolah proses pembelajaran akan diberi tahu lewat situs sekolah seperti jadwal kegiatan belajar mengajar, nilai ulangan serta test yang sudah diadakan, dsb.


4. Peranan Internet Dalam Aspek Komunikasi

   Peranan internet dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dirasakan oleh semua orang dari berbagai golongan adalah dalam aspek komunikasi. Karena hampir setiap orang sekarang ini sudah mempunyai akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Path untuk bersosialisasi dengan orang-orang terdekatnya lewat dunia maya. Berikut cara membuat facebook dengan cepat dan mudah.


5. Peranan Internet Dalam Aspek Hiburan

   Peranan internet dalam kehidupan sehari-hari di aspek hiburan  yaitu kita bisa mendengar lagu, menonton video, serta mendownloadnya lewat internet. Dengan internet anda juga bisa melakukan streaming channel-channel stasiun televisi secara langsung, ini sering dimanfaatkan oleh penikmat sepak bola apabila siaran pertandingan sepak bola tidak ditayangkan oleh channel dalam negeri.


5. Dampak Internet Dari Berbagai Aspek
 
1. Ekonomi

   Di bidang ekonomi, saat ini mempunyai perubahan yang cukup signifikan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa internet membuat laju perekonomi dan bisnis semakin meluas dengan adanya berbagai toko online dan iklan online. Namun kemudahan dalam berbisnis dan melakukan jual beli membuat masyarakat saat ini lebih menyukai segala hal yang instan tanpa memerlukan banyak usaha. Selain itu, jual beli online membuat masyarakat saat ini menjadi sangat konsumtif. Karena toko online dan iklan online menggunakan gambar barang yang menarik dilihat sebagai senjata penjualannya. Hal itu membuat konsumen ataupun calon pembeli sangat tertarik dan menjadi sanagat konsumtif.


2. Budaya

   Internet membuat berbagai budaya di dunia berbaur sehingga menimbulkan pencempuran kebudayaan maupun interaksi antar budaya. Hal ini bisa positif jikalau budaya kita dikenal oleh bangsa lain dan menjadikan daya tarik untuk mengundang wisatawan. Namun bisa juga menjadi negatif jika budaya kita kalah saing dan tertutup oleh budaya asing. Sehingga budaya asing merajai negeri ini. Contohnya saja, k-pop saat ini sangat marak dan merajai negeri kita ini. Hal itu tidak akan menjadi msalah jika penyuka k-pop tetap mempertahankan dan mencintai budaya sendiri dan tentunya tetap encinta negeri sendiri.


3. Sosial

   Di bidang sosial juga terdapat perubahan yang positif juga negatif. Perubahan menjadi positif ketika manusia yang dahulu bisa kehilangan kontak dengan teman, kerabat ataupun keluarga yang berjauhan karena keterbatasan komunikasi, sekarang tidak terjadi lagi. Fasilitas internet telah memungkinkan manusia untuk menyambung silaturahmi, komunikasi, dan pertemanan dengan orang yang berjauhan jarak bahkan bisa menambah teman lewat sosial media. Namun fasilitas tersebut juga bisa menjadi negative ketika manusia terlalu mengandalkan sosial media tanpa mau bersusah payah bertemu untuk bertegur sapa dan melepas kerinduan serta menyambung tali silaturahmi. Contohnya dahulu ketika perayaan hari raya ataupun hari besar masyarakat Indonesia berbondong-bondong saling mengunjungi kerabat ataupun keluarga walaupun tempatnya berjauhan demi menjaga tali persaudaraan. Namun saat ini ucapan lewat sosial media sudah dirasa cukup untuk menjaga silaturahmi tanpa mau megunjungi.


4. Keamanan

   Dari berbagai aspek yang telah dijelaskan semua berpeluang menjadi bahan kejahatan. Di bidang ekonomi contohnya bisnis online telah menjadikan lahan bagi para penipu untuk menjerat korbannya.di bidang sosial juga bisa menjadi lahan kejahatan. Contohnya saat ini marak penipuan Phishing, yaitu sejenis pengelabuan Internet dengan menciptakan situs-situs palsu yang mirip situs aslinya, biasanya situs terkenal seperti layanan surat elektronik (surel), situs Internet banking, dan jejaring sosial. Dengan cara ini, para penjahat siber berusaha menggiring pengguna untuk mengakses situs palsu tersebut. Contoh lainnya, jejaring sosial facebook yang terhubung dengan game online berpeluang menjadi lahan perjudian. Menurut data DSN NAwala, pengguna aktif Zynga dua tahun lalu 1,5 juta pengguna. Bahkan, kini sudah mencapai 15 juta pengguna aktif. Jika 30 persen dari pengguna tersebut melakukan transaksi judi, ini menimbulkan potensi yang besar. Jadi kemudahan akses internet untuk mengelabui pengguna internet memunculkan niat dan ide untuk menjadikannya sebagai lahan kejahatan. Ditambah lagi, kejahatan seperti itu sulit terdeteksi pihak berwajib jika tidak ada laporan lengkap dari korban.


5. Moral

   Berbaurnya berbagai budaya menjadikan pola perilaku masyarakat menjadi terpengaruh oleh budaya asing. Tidak hanya itu, saat ini moral anak-anak dan para pemuda Indonesia rusak karena pornografi yang bisa dengan mudah diakses di internet. Data dari Kita dan Buah Hati Foundation menunjukkan bahwa situs internet merupakan sumbangan terbesar media untuk mengakses pornografi yaitu sekitar 18%. Hal itu menimbulkan kekerasan seksual semakin marak dan prestasi anak-anak dan para pemuda menurun drastis akibat masalah pornografi.


6. Gambar dan Video Penunjang Tentang Teknologi Internet







7. Ringkasan Penulisan dari Penulis
   Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Internet muncul pertama kali dengan proyek bernamakan ARPANET. Awalnya ARPANET hanya digunakan oleh beberapa kalangan saja, namun seiring dengan perkembangan jaman akhirnya ARPANET menjadi fasilitas publik yang dinamakan dengan Internet pada tahun 1980-an. Munculnya Internet sangat bermanfaat bagi manusia karena memilik berbagai fasilitas seperti Multimedia Online, Telnet, Chatting dan lainnya.

    Namun untuk menikmati fasilitas tersebut pastinya kita harus memiliki komponen pendukungnya yaitu Seperti Jaringan komputer atau penyedia ISP (Internet Service Provider), Hardware yang berisi Modem, Wifi, Router dan yang lainnya yang memiliki peran penting untuk Internet. Dan kemudian Software seperti Browser yang digunakan untuk mengaksesnya.

    Internet juga memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, seperti halnya memberikan informasi melalu internet, periklanan, pelajar, maupun sebagai hiburan. Internet pun juga memiliki berbagai aspek seperti Ekonomi, Budaya, Sosial, Keamanan, dan Moral. Dengan adanya internet Pertumbuhan ekonomi akan meningkat, perbedaan budaya semakin dekat karena pencampuran antar budaya, dan kehidupan sosial yang terasa dekat.

8. Daftar Pustaka :

1. http://lestariyunita10.blogspot.com/2013/09/sejarah-dan-perkembangan-internet-di.html 

0 komentar:

Posting Komentar